Jumat, 18 Februari 2011

Bukankah Kita Bangsa Pembelajar?

Banyak cerita tentang negeri ini, dimana terdapat banyak orang-orang yang berilmu tinggi..
Cerita tentang pejuang-pejuang kemerdekaan yang menuntut ilmu demi kemerdekaan, ketika kesadaran bahwa perang secara fisik tidaklah cukup untuk merebut kemerdekaan..
Ketika dimulainya kesadaran bahwa kebangkitan Indonesia dimulai dari pendidikan..
Dan sekarang, ketika berjuta-juta orang Indonesia telah menempuh pendidikan tingkat tinggi..
..
ada cerita dibalik itu semua..

---
asw.wr.wb
salam sejahtera

tgl 10 februari kmaren,,gw dah genap 3 bulan di Desa Belang-Belang, Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara...
Pertama-tama,,gw amat bersyukur atas ksmpatan yg gw dpt ksmpatan untuk berbagi sdikit ilmu dan cerita ke adek-adek kita di timur Indonesia :D
n gw lg pengen sdikit berbagi,,bolehlah ya?

dr ibukota Bacan, LAbuha (tmpat dimana ad 2 warnet dan klo dibandingin ama bdg jauh abis)..prlu naek perahu ktinting 40an menit k desa gw..dan karenanya,,ga gmpang bolak-balik ke kota..nah jadi,,,di SD gw ditmpatkan (SD Inpres Belang-Belang), ada 8 guru rsmi terdaftar (5 PNS dan 2 PTT)...tp yg 2 PTT, kontraknya dah expired 9 bulan (jd dlm 1 bulan trakhir,,mrk baru muncul 1-2 kali)...PNS yang aktif mngajar hnya 1 org, yg 1 lg,kepsek (amat sgt sibuk dan sering ke LAbuha..sminggu plg mncul 1x n beliau ga ngajar)...dan yg 3 PNS lg, yg 1 br mncul 1x dlm hmpir 3 taon trakhir - kt org2, yg 1 mncul 1minggu 1x,,senen jam 9an (guru kls 1,dr jam 7.30-10.30) n 1 org lg kdg mncul 3hari bruntun..lalu ilang 1minggu...

gitu deh kondisinya...dlm 2,5 mnggu prtama smster 2,,gw mngajar 6 kelas simultan (n akhirnya gw bagi 2 shift,,7.30-10.30,10.30-13.30)...aktualnya,,gw plg j2 tiap hari,,krn di skolah gw ga ad jam,,,listrik,..n yg pnya jam di desa ini ga gt bnyak (plg d msjid) n anak2 gw sring telat dtg,,,trus y pulangny trpaksa gw telatin...

anak2 kls 1-2 blon bs baca,,plg br knal huruf...kls 3 lmyan,,plg bcny terbata-bata,,bbrp ad yg tidak bisa baca sama skali...itung2an? kacau..pnjumlahan kacau,,pengurangan apalagi...jgn bicara soal perkalian n pembagian...
anak2 di sini bnyk yg amat antusias ngajar,...masalahnya...guruny terbatas...saat ini,,cm ada 2 guru aktif (trmasuk gw dan pns yg td gw sbut di atas,azhar)...

mrk tidak tahu soekarno presiden 1,,boro2 tau terzaghi,,c.k.wang,,einstein,,newton,,syeikh puji,,atau dewa joe..(pelan2 gw kenalin tokoh2 hebat dunia,,soekarno,,terzaghi entar2 aja lah ya)..

awalny,,mrk (kls 6),,klo 2x4=8..,maka 8:2 = 4...bwt mrk,,2-3 = 1..
cita-cita mrk jd pegawai kntor (liat sinetron,,at least di sini masi ad tv), artis,.hny 2 org dr 120 org yg gw ajar yg tau dokter itu apa...

lebi kacau lg,,buku cetak pelajaran...fiuh..yayasan IM (tmpat gw krja) mmbekali gw buku cetak pelajaran smua kelas masing2 1 eksemplar,,masalahnya bahkan guru-guru di tmpat gw skrg,,bnyk yg ga pnya buku cetak..apalagi anak2nya??

satu lagi,,di sini,,mukul adalah hal yg biasa...orangtua mukul anak,,anak mukul anak yg lebi kecil...hmpir tiap hari,,ada anak yg berkelahi...suara bntakan dan bunyi tangis anak adalah nada normal di kmpung ini..

boro-boro mau ikut UASBN...kls 6 gw bru aja tau,,klo ada yg namanya EYD (ejaan yg dismpurnakan)

anak2 kls 6 SD di sini,dl lulus UASBN dgn cara "you know lah"..dan bwt yg ckup mampu skolah di kota,,stlah kira2 1/2 taon mrasakn jenjang smp di LAbuha (ga bnyak)..akhirnya berhenti skolah scara full,,karena tidak mampu mengikuti pelajaran di desa...
bisa dikatakan,,,bwt anak2 gw di sini,,kelas 6 = kelas 2 atau 3 di kota...


sori,,gw bukanny ngeluh..karena job gw di sini emg bwt mmbntu mrk mndpatkn ksmpatan pndidikan yg memadai,,and i'm grateful atas kesmpatan yg gw dapat di sini...tapi,skali lg,gw cm pengen berbagi cerita ke kalian smua,,shingga mngkin kita smua bisa bersyukur lebi bnyak untuk smua yg tlah kita pnya...

selain itu,,baru2 ini,,,gw ngbuka perpustakaan untuk anak2 ini...Alhamdulillah,,slama ini,,ud ada buku2 dr UNICEF dan Save The CHildren yg tersimpan di lemari2 skolah sjak 2007 (n brhub kepsek baru,,ga ad yg tau klo mrk pnya buku..)..the problem is,,ga ad buku pelajaran...
gw akan amat bertrimakasih,,klo dari temen2,,yg pnya adek ato ponakan,,ato mngkin anak (nah lho) yg br lulus sd mengirimkan buku2 bekasnya k desa ini...
they're sure gonna need that....ato sapa tau,,ad yg kelebihan duit (cth : om d*e*o bot*l) yg trtarik mnyisihkan sdikit uangnya bwt dibeliin jd buku...yg pnting bntukny buku (khususnya KTSP 2006 --> kurikulum skrg) n tdk brbentuk uang (d Labuha,,ga ad buku cetak plajaran,,msti beli di ternate - 8 jam naek kapal)

bwt yg ingin berbagi,,bs sms gw k 085255821***....
nnti gw kontak org2 Ind. MEngajar,,bwt ngirimin k tmpat gw..

mohon maaf sblonny,,klo ad yg sms gw ato nelp gw susah bgt nympenya,,maklum,,,gw cm bisa nerima sinyal di satu spot,,dkt mesjid tpi pantai...n kl lg badai,,ga ad sinyal men..n di sini sering bgt mati lampu (bisa smpe 10hari),,jd kadang2 hp gw lowbat..

n mohon maaf jg klo ada kata2 gw yg mnyinggung kisanak skalian

thx n sukses yak!

wa'alaikumsalam wr.wb
---

(cerita dari seorang kawan yang sedang berjuang di Indonesia Mengajar)

Sebuah cerita ironik dari cerita-cerita tentang kebanggaan kita akan segala yang kita punya..
yang jadi pertanyaan, "Bukankah masih sama seperti dahulu, kita adalah bangsa yang berjuang, kita adalah bangsa yang merdeka, kita adalah bangsa yang belajar?"

You can teach a student a lesson for a day; but if you can teach him to learn by creating curiosity, he will continue the learning process as long as he lives. ~Clay P. Bedford~

*thanks for your share, Heng..
Ingat selalu bahwa dimanapun kita berada jadilah berkat bagi sekitar kita, termasuk menjadi pintu berkat bagi sesama.. :)

Tidak ada komentar: