Rabu, 15 Juni 2011

Kembang Tidur Saat Terjaga

Sore itu, seorang anak kecil berusia tiga tahun tengah terbangun dari tidur siangnya. Mencarilah dia kepada ibunya dan berkata bahwa ia baru saja melihat dalam tidurnya, "Bu, aku melihat kalo aku dan ibu ada di suatu rumah besar sekali. Rumahnya putih, tinggi, dan banyak orang yang bernyanyi untuk kita. Nyanyiannya bagus sekali lho, Bu. Tapi tiba-tiba berhenti dan aku ada di kamar. Aku takut, Bu."
Dan sang ibu berkata, "Nak, itu tadi namanya mimpi. Janganlah takut dengan sebuah mimpi. Karena dengan mimpi juga lah kita semua ada di dunia."

Ketika kita bertanya dari mana datangnya mimpi, maka akan ada banyak jawaban. Entah mana yang benar, karena semuanya akan dapat diperdebatkan. Tapi satu hal yang kupercaya bahwa ketika mimpi itu datang maka aku percaya bahwa segala sesuatu yang baik yang datang kepadaku semuanya berasal dari yang kupercaya, karena aku selalu percaya akan 'yang terbaik'.

Bagiku, mimpi bukan hanya kembangnya tidur. Meskipun akan banyak cerita yang kita dapat saat si kembang itu hadir dalam tidur kita. Ada kala cerita sedih, cerita bahagia, bahkan cerita menakutkan. Banyak cerita namun hanya satu pesan yang harus tersampaikan. Pesan bahwa masih ada hal di luar kita yang menginginkan kita berbuat sesuatu, lebih dari yang kita lakukan sekarang. Mimpi itu juga menunjukan kita masih punya harapan.

Mimpi bukanlah penglihatan saat tidur. Saat tidur kita dapat melihat sesuatu, saat bangun dan tersadar pun kita juga dapat melihat. Mimpi juga merupakan keinginan kita. Kita masih punya kesadaran dalam menentukan kemana kita melangkah kemana. Menunjukan bahwa kita juga mempunya tujuan dimana kita akan mendaratkan jejak langkah kita di suatu akhir nanti. Tujuan dan harapan yang harus kita capai, meskipun rasa gagal dan sakit akan selalu datang. Kekuatan dan perjuangan terbaiklah yang harus kita lakukan, dengan tetap memelihara rasa bahwa kita ada dalam garis pencapaian itu, dan percayalah bahwa segala yang kau mimpikan akan datang padamu, suatu saat nanti..

Tanpa mimpi, kita akan mati..
Mati roh, jiwa, dan badan ini..

Tidak ada komentar: