Jumat, 04 Desember 2009

Tong Sampah Terbaik di Hidupku

Bulan Desember telah tiba. Suatu pertanda tahun ini juga akan berakhir, dan berganti dengan tahun yang baru. Kuingat beberapa tahun yang lalu, dimana masa remaja telah membentukku menjadi seperti sekarang ini. Masa-masa remaja, yang kata orang merupakan masa yang labil, telah kubuat menjadi kehidupan yang penuh prinsip.

Kembali kuingat bahwa pada masa itu aku tidak ingin pacaran. Menurutku pacaran pada masa remaja akan membuang masa remajaku. Masa remajaku harus diisi dengan banyak teman dan sahabat. Dengan pacaran, menurutku, aku akan merasa terbatas dalam bergaul dengan teman-temanku. Hal kedua yang kuingat adalah keinginanku menjadi 'tong sampah'. Tong sampah mempunyai fungsi sebagai tempat untuk membuang hal-hal yang sudah tidak berguna. Aku ingin menjadi 'tong sampah' bagi orang-orang disekitarku. Aku ingin orang-orang disekitarku membuang hal-hal yang 'sebenarnya' tidak mereka perlukan kepadaku. Aku ingin menjadi pendengar yang baik bagi mereka, yang selalu mendengar keluh kesah dan beban mereka dan mereka akan kembali lega setelah membuang apa yang mereka tidak perlukan dalam hidup mereka. Dalam hidup ini, banyak orang berbicara (dengan sangat baik sekali) tetapi sangat sedikit orang yang mendengar dengan baik. Menjadi pendengar yang baik bukanlah sesuatu yang mudah, karena orang selalu ingin didengar, bukan mendengar.

Dalam bulan-bulan yang lalu, setiap orang yang lalu lalang dalam hidupku membuat hatiku sedikit goyang. 'Tong sampah' yang kuimpikan dulu dalam hidupku kembali diuji. Apakah aku masih dapat berperan seperti itu? Menjadi seorang pendengar yang baik, dan yang membantu orang sekitarnya dalam menjalani apa yang terjadi sehingga menjadi kembali kuat dan segar? Beberapa kali aku selalu merasa sedih, karena si 'pembuang sampah' tidak akan memerlukan tong sampah jika sedang tidak punya hal yang kotor, yang mereka akan buang. Meskipun tidak mudah, tetapi aku yakin bahwa ada "Tong Sampah' terbaik yang berada di belakangku, yang selalu ada buat menampung tong sampah kecil ini apabila sudah penuh.

Tidak ada komentar: