Selasa, 23 Oktober 2007

Hujan

Hari ini adalah hari pertama hujan. Seharian penuh hujan. Aku tak suka musim hujan. Hanya hawa sejuk yang kusuka, tanpa hujan. Selalu tidak menyenangkan musim hujan. Pergi kemana-mana jadi susah. Penyakit datang silih berganti. Banjir selalu terjadi. Sedikit hujan saja, bukan hanya saluran drainase yang mengalirkan air, aspal jalan pun turut serta menjadi tempat aliran. Tanah becek. Dan kebiasaan pagiku, mendengar kicauan burung saat mau kuliah terpaksa tertunda. Burungpun enggan meninggalkan sarangnya. Selalu, kita semua menjadi lebih malas. Lebih nyaman menikmati hujan dari balik selimut tebal.

Tapi, ini saatnya bagi petani untuk bekerja lebih giat lagi. Saat-saat dimana sawah dapat berfungsi dengan sangat baik, karena air yang melimpah. Asal jangan banjir saja yang datang, lebih sengsara lagi hidup mereka nanti. Hasil yang melimpah dari sawahpun dapat semakin mencukupi kebutuhan di negeri ini. Tapi kenapa masih ada orang kelaparan di saat hujan ya? Entahlah apa dosa negeri ini. Sebenarnya, sudah lama kita tahu permasalahannya. Tapi banyak dari kita yang hanya berucap, tanpa berbuat.

Semoga hujan kali ini tidak membuat kita semakin malas, tanpa terkecuali malas memperhatikan sesama kita.

Mau tidak mau, aku tetap harus melewati hujan ini. Tanpa keluh. Hanya syukur yang pantas terucap. Toh, hujan pun tetap membawa kenikmatan bagi kita, apapun bentuknya.

-kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri-

Tidak ada komentar: